gebyarbola'

Bahaya mengancam bumi, dikabarkan batu raksasa akan menghantam bumi

NASA telah merilis sebuah video baru yang mengerikan yang menunjukkan ribuan asteroid mengelilingi bumi. Rekaman tersebut menunjukkan bumi sebagai titik kecil yang berputar mengelilingi Matahari. Tapi dengan mengerikan itu menunjukkan bagaimana planet ini nyaris terkena lusinan batu “ruang angkasa” yang berbahaya.

Video tersebut hadir saat ilmuwan NASA memperingatkan bahwa 10 batuan antariksa “berpotensi berbahaya” diidentifikasi dalam 12 bulan terakhir bersamaan dengan 96 asteroid baru.

Badan antariksa tersebut juga memperingatkan peningkatan aktivitas komet yang tidak dapat dijelaskan. Stargazers telah lama memperingatkan adanya risiko asteroid yang menabrak bumi dari aliran meteor Taurid.

Salah satu asteroid tersebut – BN509 – meluncur melewati bumi pada bulan Februari tahun ini dengan para ilmuwan memperingatkan bahwa ancaman tersebut dapat kembali.

Data dikumpulkan oleh probe pemburu asteroid NASA – yang disebut Obyek Near Earth Field Wide-field Infared Survey Explorer (Neowise) – yang menggunakan infared untuk mendeteksi dan mengkarakterisasi asteroid dan komet.

Misi Neowise, yang diluncurkan pada bulan Desember 2013, dirancang untuk mengidentifikasi asteroid potensial yang merupakan ancaman bagi bumi. Video tersebut menunjukkan bumi sebagai dot kecil yang berputar mengelilingi Matahari sementara Merkurius, Venus dan Mars diperlihatkan dengan warna biru.

Titik-titik hijau mewakili 693 objek yang melintas sangat menakutkan di bumi, yang dikenal sebagai “benda-benda di dekat bumi” atau NEO yang menurut mereka merupakan ancaman baru.

Titik-titik kuning sementara itu mewakili komet, sementara titik-titik abu-abu mewakili asteroid yang masih melingkar pada jarak yang aman, terutama di sabuk asteroid antara Jupiter dan Mars.

“Neowise tidak hanya menemukan asteroid dan komet yang belum dipetakan sebelumnya, namun juga menyediakan data yang bagus mengenai banyak dari mereka yang ada di katalog,” kata Amy Mainzer, peneliti utama Neowise dari Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California.

“Ini juga terbukti menjadi alat yang sangat berharga dalam penyulingan dan penyempurnaan teknik untuk penemuan NEO dan karakterisasi oleh observatorium inframerah berbasis ruang angkasa.”

Bahaya mengancam bumi, dikabarkan batu raksasa akan menghantam bumi | rujak | 4.5
close
cmobet
close
acmbet.com